Menulis Berita, Part 6

Hidup cewek! Akhirnya lebih banyak cewek yang mendapat penghargaan selama semester pertama ini. Dalam pengumuman yang dikeluarkan kemarin, cewek mengungguli cowok dengan perbandingan 3 banding 2.
Akan tetapi, berita ini tidak terlalu buruk bagi para cowok. Jumlah cowok mendapat penghargaan naik 12 persen.
Kata trasnsisi akan tetapi dipakai untuk menunjukkan kontras antara (1) pertanyaan dan fakta diparagraf pertama dan (2) fakta di paragraf selanjutnya.

Transisi berikut ini menujukkan tempat: di sini, di sana, dekat, di sebaliknya, di luar, jauh, dekat dengan.
Sebanyak 12 mahasiswa dari West menghabiskan liburan musim panas si San Antonio untuk mengikuti program Habitat for Humanity dengan membangun sebuah rumah.
Rumah tersebut, yang dekat dengan Alamo, dibangun selama empat hari oleh mahasiswa dan tiga tukang kayu dari kota tersebut.
Kata transisi “dekat” dipakai untuk menunjukkan tempat tertentu di kota San Antonio, (“kota” dalam paragraf kedua merujuk pada “San Antonio” dalam paragraf pertama dan ini adalah contoh dari pengunaan sinonim).

PIRAMIDA TERBALIK YANG DIMODIFIKASI

Terkadang, isi sebuah berita memberitakan momen di masa lalu yang terkait dengan berita saat ini. Berita tersebut sering ada di dalam paragraf setelah teras berita.

Proyek pembangunan sekolah akhirnya dijalankan
Setelah berbulan-bulan direncanakan, pembangunan gedung perpustakaan baru, teater dan perbaikan gedung lainnya secara resmi dimulai pada 31 Maret.
Dua tahun yang lalu, akademi ini memutuskan mengubah kampus dengan dana bantuan, selain membantu gedung baru, juga dilakukan perubahan seperti perluasan aula, ruang seminar, dan renovasi beberapa ruang kuliah.
“(Setelah perubahan) kita akan memiliki salah satu kampus terbaik di kota ini,” kata rector Dr. Kasyful Anwar, perubahan tersebut dijadwalkan selesai dalam waktu 15 bulan sehingga bangunan tersebut dapat diakses mahasiswa pada tahun ajaran baru. Walaupun pembangunan di kampus-kampus lainnya terlambat dari perkiraan. Namun menejer kontruksi Jeffry mengatakan, “ meski kami terlambat satu atau dua minggu, kami punya metode untuk menjalankan proyek ini tetap bisa selesai tepat waktu.”
Kebanyakan dari kontruksi ini akan dilakukan  pada jam kerja normal (7:30 sampai 6:00), sedang pekerjaan interior dilaksanakan sesuai jam kuliah dan pada akhir pekan. Manyoritas pekerjaan eksterior pada gedung baru tersebut akan dilakukan pada musim kemarau. Anwar tidak ingin pembangunan gedung ini menggangu perkuliahan.
Anwar mengatakan, “ kami punya kontrak kerja untuk setahun ini. Mereka tahu cara menyelesaikannya.” Meskipun gedung baru ini memakan sebagian lahan parkir dosen, setelah bangunan selesai Anwar memperkirakan bahwa lahan yang terpakai maksimal 15 persen saja.
“Saya kira sudah sewajarnya kalau mahasiswa dilarang parkir di tempat parkir dosen setelah mereka diberi tempat tersendiri,” demikian kata Siti Maryam, salah seorang mahasiswi di sana.
Acara peletakan batu pertama diliput oleh media kampus, yang kemudian memuat foto-foto acara itu, seperti Anwar duduk di atas traktor dan dikelilingi oleh mahasiswa. Anwar juga memperkenalkan banyak orang yang terlibat dalam pembangunan tersebut.
Arsitek WSM, Ade Sukande, bersedia mengerjakan proyek itu bukan sekedar karena alasan bisnis saja, tetapi juga karena dia punya putri yang kuliah di sana.
Selain perubahan tersebut, kampus ini akan membangun sarana olahraga baru pada musim panas depan. Proyek yang didanai oleh pemerintah ini diperkirakan akan selesai pada bulan Juli.

Baca Selanjutnya
Menulis Berita, Part 6 Menulis Berita, Part 6 Reviewed by Presiden Kacho on 00.19 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.