Tips Produksi Pangan Olahan Berbasis Komonditas Sekitar Anda

Presiden Kacho hari Selasa kemaren tanggal 29 Desember 2022 diundang sebagai pemateri di acara Dinas Pertanian Aceh Utara untuk mengisi Materi tentang produk berbasis hasil Pertanian.

Ini gayung bersambut dikarenakan Presiden kacho adalah salah satu produsen cemilan cokelat yang nota benenya adalah mengolah salah satu produk hasil Pertanian Kakao. ya terang saja ini sangat mate dengan apa yang sedang saya geluti ya.

Tentu saja karena presiden bergelut di produk cemilan cokelat berbasis bahan baku kakao atau Cocoa ya kesempatan ini langsung usaha saya sendiri yang menjadi contoh yang saya sampaikan ke peserta Pelatihan.

Awalnya saya menceritakan bagaimana saya memperoleh bahan bakunya, supaya penjelasan saya lebih menarik tidak lupa saya buatkan juga bahan tayangnya di infokus, stelah ketersedian bahan selesai lalu saya lanjutkan bagaimana saya memproduksinya atau ilmu pengolahan, karena ini bahan kakao ya mulai dengan bagaimana cara mengsangrai, berhubung dimasa awal saya masih sangrai manual saya perlihatkan bagaimana saya menggunakan bejana besi untuk merostingnya dengan muka saya dipenuhi asap, disini para peserta sedikit melo meihat bagaimana perjuangan saya di masa awal mendirikan usaha Cokelat Cado.

kemudian saya lanjutkan dengan pengolahan lanjutan hingga menjadi produk, lalu saya lanjutkan point ke tiga bagaimana cara mengemas yang menarik pembeli sesuai dengan segment pasar yang telah kita tentukan diawal sebelum produksi.

Setelah produksi selesai kita kudu tahu bagaimana menjual atau memasarkan produk pangan olahan berbasis bahan baku pertanian tadi. dikarenakan produk saya ini agak sensitif panas maka saya hanya menjual diTOSERBA atau Mart atau swalayan yang lebih utama memiliki AC, ini merupakan cara memasarkan secara offline, nah sekarang kan masa milenial, jadi kita kudu tahu juga seluk beluk pemasaran online atau marketplace atau sosial media atau website atau blogsite.

sampai pada waktu sesi tanya jawab, semua peserta tidak ada yang mengajukan pertanyaan, ketika moderator menanyakan kenapa tidak ada yang bertanya, lalu salah seorang peserta nyelutuk, " sudah tidak bisa bertanya apa-apa dikarenakan begitu takjubnya dengan produk Cado Cokelat. sontak saja seruangan pecah tawa.hahhhhaaaaaa...


Wassalam

Presiden Kacho


Tips Produksi Pangan Olahan Berbasis Komonditas Sekitar Anda Tips Produksi Pangan Olahan Berbasis Komonditas Sekitar Anda Reviewed by Presiden Kacho on 20.20 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.