Menulis Berita, part 5

Menggunakan Sinonim yang Merujuk ke Kata Kunci dalam Paragraf Sebelumnya
Dua bintang AC Milan dicalonkan untuk mendapatkan “Golden Ball” untuk tahun ini.
Pemain inti salah satu tim papan atas Seri A Italia ini, Kaka dan Alessandro Nesta, memperoleh rating tinggi unutk mendapatkan penghargaan tingkat Eropa tersebut.
Sinonim untuk “Real Madrid” di paragraf pertama adalah “tim La Liga Spanyol” yang mengawali paragraf kedua, yang dilanjutkan dengan menyebut nama. “Golden Ball” di paragraf pertama adalah sinonim dengan “pernghargaan tingkat Eropa.”

Elaborasi Detail dalam Urutan Logis atau Berdasarkan Arti Pentingnya
Persyaratan keseluruhan akan memengaruhi anak SMA 3 Semarang jika proposal yang diajukan ke Dewan Sekolah disahkan dalam rapat minggu depan.
Diantara syarat itu antara lain penambahan bahasa Mandarin, pengurangan pendidikan olahraga dan mengeluarkan pendidikan sastra dunia dari kurikulum mata pelajaran wajib.
Paragraf pertama memperkenalkan fakta bahwa persyaratan kelulusan dapat berubah. Paragraf kedua menjelaskannya, dengan menspesifikasi perubahan tersebut.

Kata Transisi
Kata dan frasa khusus dapat dipakai untuk mengikat paragraf dan menciptakan kontinuitas berita. Kata-kata itu dinamakan “transisi” dan menunjukkan urutan pemikiran serta membantu pembaca berpindah dari satu paragraf ke paragraf selanjutnya.
Kata-kata transisional ini menunjukkan waktu: kemudian, sekarang , tak lama kemudian, sementara itu, sesudah itu, belakangan, segera, saat ini, sebelumnya, akhirnya, pada akhirnya, setelahnya.
Dengan diiringi pemukulan genderang raksasa dan penyulutan ratusan petasan, acara pembukaan perayaan Cap Go Meh di Semarang pun di mulai.
Setelah itu, ketika bunyi petasan belum hilang, dimulailah arak-arakan barongan menyusuri  jalan-jalan utama kota yang telah dipadatai oleh ribuan pengunjung.

Kata transisi setelah itu dipakai untuk memulai paragraf kedua untuk menunjukkan progresi waktu dan menghubungkan dua paragraf tersebut. (Kata “bunyi petasan” di paragraf kedua juga berhubungan  dengan kata “penyulutan ratusan petasan” di paragraf pertama).

Kata transisi dan frasa berikut ini menunjukkan penekanan: demikian pula, lebih jauh, selain itu, secara khusus, lagi pula.
Nyala obor menemani inisiasi terhadap 35 anggota baru Mapala Universitas Indonesia yang dilakukan di puncak gunung gede, Jawa Barat.
Secara khusus, anggota baru itu juga diberi syal sebagai tanda resmi keanggotaan mereka di salah satu organisasi pencinta alam yang sudah berusia tua tersebut.
Taransisi dari paragraf pertama ke paragraf kedua adalah melalui kata “secara khusus”.


Kata dan frasa transisional ini menunjukkan kontras atau perubahan: akan tetapi, namun, meski demikian, juga, tentu saja, sebaliknya, dengan cara lain, jika tidak, selain itu, pada umumnya, secara sekilas, secara rinci.

Baca Selanjutnya
Menulis Berita, part 5 Menulis Berita, part 5 Reviewed by Presiden Kacho on 00.19 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.