Menulis Berita, part 2

Bantuan akan diberikan Bagi para pengguna internet di perpustakaan. “kami semua perlu dilatih karena internet bukan hanya untuk mencari situs,” kata petugas perpustakaan Randie Hayward
Persetujuan dari pemerintah daerah dan formulir nota kesepahaman akan dikeluarkan minggu depan. Setelah formulir dikembalikan, mahasiswa nantinya akan mendapat stiker internet yang berlaku untuk ID mereka.
“ini adalah sarana yang amat bagus buat mahasiswa,” kata pembantu Rector Russ Davis. Mahasiswa akan kehilangan hak akses ini jika ia melanggar aturan akses. MUSD Net hanya dipakai untuk tujuan pendidikan dan bukan untuk layanan komersial. Mereka yang menggunakan internet secara illegal atau menyalahi aturan akan kehilangan haknya.
“setiap Dosen akan bertanggung jawab mengawasi penggunaan internet di ruang kuliah mereka,”kata Davis.
Dewan regulasi dan kebijakan pendidikan akan mengenakan tindakan disiplin bagi aksi vandalisme peralatan computer, akses tak sah, pembajakan computer, hacking dan tindakan merusak sofwere dan hardwere. Mahasiswa bisa dituntut jika ada kerusakan data atau informasi. Menurut kebijakan ini, mahasiswa tidak boleh menggunakan komputer untuk menggangu, melecehkan atau menyinggung orang lain.
“penyalagunaan internet adalah tindakan serius yang tidak bisa ditoleransi oleh pemerintah daerah,” kata Hayward.
Menurut Davis, ruang kuliah dan kantor juga akan punya akses internet. MUSD Net akan membuka jaringan dengan akademik atau universitas lain. Mahasiswa dapat melakukan koneksi dengan bisnis, universitas, perpustakaan nasional dan mahasiswa dengan seluruh dunia.

Spartan  Scroll
Akademik Schurr
Montebello, Calif.

Menulis pertanyaan focus yang menyatakan, dalam satu atau dua kalimat, isi berita bukan hanya membantu dalam menulis teras ringkasan berita dan juga menjaga penulis tidak keluar jalur saat mengembangkan berita.
Misalnya pertanyaan focus untuk berita akses internet di Spartan Scroll tersebut adalah: “ mahasiswa akan mendapat akses internet untuk pertama kali di kampus jika mereka mendapat izin dari orang tua atau pengawas.” Satu kalimat ini meringkaskan poin utama dari berita dan memberi arah untuk pengembangan berita. Reporter kemudian menjawab pertanyaan pembaca, apa, siapa, di mana, kapan, mengapa dan bagaimana dengan gaya jurnalistik.
Beberapa reporter professional menulis teras paling akhir, tetapi bagi pemula dirasakan untuk setidaknya menulis draft teras berita dahulu, sebuah teras yang bisa diedit, diperbaiki atau bahkan ditulis ulang nanti. Bahkan sebuah draft teras berita akan membantu reporter untuk tetap focus pada fakta esensial dari berita. Pada akhirnya, setiap reporter akan menjalankan cara yang paling baik buat dirinya; ini adalah bagian dari gaya reporter.
Koran sekolah atau kampus yang tidak terbit setiap hari harus mempertimbangkan waktu berita. Teras ringkasan berita untuk berita berbentuk piramida terbalik dapat menampilkan perkembangan terbaru atau memperkirakan perkembangan ke depan: Apa yang kira-kira diharapkan pembaca nanti akan terjadi?
Teras berita untuk berita akses Internet Spartan Scroll di atas diawali dengan menjawab pertanyaan bagaimana dan dilanjutkan dengan menjawab pertanyaan siapa dan apa. Teras beritanya berbunyi: “Melalui Montebello Unifed School District Network (MUSD) Net), mahasiswa akan punya akses internet untuk tujuan pendidikan.” Ringkasan satu kalimat ini memberi tahu pembaca bagaimana sesuatu akan terjadi (“Melalui Montebello Unifed School District Network”) kemudian mengatakan kepada siapa sesuatu itu akan terjadi(“mahasiswa”) dan akhirnya apa yang akan terjadi (akan punya akses Internet”).
Setelah teras berita ditulis, fakta lainnya harus direview lagi. Jika beberapa jawaban untuk pertanyaan lima W dan satu H tidak ada dalam teras berita itu, maka jawaban itu perlu dimasukkan dalam isi berita. Detail tambahan mengenai orang yang terlibat dan detail tentang apa yang terjadi mesti dipikirkan dan mungkin ditambahkan ke dalam berita. Ini dinamakan “mengungkapkan” atau mengembangkan fakta yang ada di dalam teras berita. Opini dari mereka yang terlibat dalam berita dimasukkan bersama fakta-fakta untuk membantu menjelaskan dan memanusiawikan berita. Opini dan penjelasan ini bisa berupa kutipan langsung atau tak langsung.

Baca Selanjutnya
Menulis Berita, part 2 Menulis Berita, part 2 Reviewed by Presiden Kacho on 00.15 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.