Menulis Berita, part 1

MENULIS BERITA

Menulis berita adalah salah satu langkah untuk proses penyebaran berita. Pertama kita telah mempelajari apa itu berita dan apa yang bukan dalam pertemuan sebelumnya. Kemudian reporter mengumpulkan semua informasi berita. Setelah menemukan fakta, reporter mengorganisasikan catatan dan tulisannya untuk menyusun teras berita (lead), yang merupakan bagian penting. Setelah teras berita, selanjutnya isi berita dan kesimpulan. Hasilnya adalah berita lengkap, bukan ringkasan satu paragraph saja.
Informasi lengkap dapat dikembangkan dalam paragraph selanjutnya setelah lead. Semua pertanyaan pembaca akan dijawab di luar headline dan ringkasan atau lead. Dengan demikian seseorang kemungkinan akan mau membaca beritanya dari awal sampai akhir.


BENTUK PIRAMIDA TERBALIK

Menulis teras ringkasan berita atau lead adalah langkah pertama dalam menulis berita lengkap, yang berbentuk piramida terbalik. Bentuk piramida terbalik menyajikan fakta dalam urutan menurun, dari yang paling penting ke yang paling kurang penting. Fakta-fakta terpenting, yang didasarkan pada nilai berita dan dipilih oleh reporter, disajikan di awal, diparagraf pertama atau kedua.semua paragraf selanjutnya mengembangkan teras berita ini dengan memberi informasi tambahan, atau menjelaskan secara spesifik. Sering kali beberapa pertanyaan pembaca yang penting, 5 W dan 1 H (what, who, where, when, why dan how), diletakkan di paragraph kedua agar paragraph pertama bisa seringkas mungkin. Banyak berita hangat punya teras berita dua paragraf.
Sebelum dan sesudah menulis teras berita, reporter mempelajari semua catatannya untuk mengetahui berita secara keseluruhan. Mungkin ia akan mengelompokkan catatan-catatan terpisah di dalam satu topic yang berkaitan dengan isi area wawancara dan dari sumber lain yang diperoleh dari tahap pencarian fakta berita. Beberapa reporter mungkin akan terbantu jika ia sudah tahu jawaban untuk pertanyaan dasar pembaca, apa, siapa, di mana, kapan, mengapa dan bagaimana, Sebelum ia menulis teras berita atau berita lengkap. Ini akan membantu reporter menata informasi dari yang paling penting kepada yang kurang penting. Akan bermanfaat pula jika ia menata semua detail dan menjelaskan fakta dasar. Saat mengorganisir catatannya, reporter bisa menggunakan angka 1,2,3,dan sterusnya untuk mengurutkan dari yang paling penting ke yang kurang penting.
Berikut ini adalah berita yang menyajikan fakta dalam urutan menurun berdasarkan pentingnya, atau dalam bentuk piramida terbalik.

Perpustakaan menyediakan akses internet
 Melalui Montebello Unified School Distric Network (MUSD Net), mahasiswa akan punya akses internet untuk tujuan pendidikan.
“manyoritas mahasiswa tidak punya akses di rumah, sehingga ini adalah salah satu cara bagus untuk membantu mereka mendapat informasi terbaru,” kata rector Terrance Davney.

Mahasiswa dapat masuk melalui komputer di perpustakan dengan menyerahkan kartu mahasiswanya dan memberi alasan yang kuat untuk menggunakan internet.

Baca Selanjutnya
Menulis Berita, part 1 Menulis Berita, part 1 Reviewed by Presiden Kacho on 00.14 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.