Khauri Blang


Khauri Blang, beberepa daerah atau kabupaten ada yang menyebutnya Kenduri atau Pesta sawah. khauri Blang menjadi adat turun temurun di Aceh sebelum memulai musim tanam Padi.

selain kenduri sawah di Aceh ada juga kenduri Gle atau Hutan bagi pekebun, ada juga kenduri Laut bagi nelayan. setiap komunal akan melakukan sesuai dengan profesi mereka masing-masing. intinya semua ingin mengekspresikan rasa syukur kepada Allah sang pencipta semesta raya akan rezeki, sehat badan dan rohani dan lain sebagainya.

Prosesinya di mulai dengan membawa bahan masakan dan peralatan memasak ke lokasi tertentu yang berdekatan dengan sawah, lalu di sana memasak secara masing masing apa yang dibawa, biasanya menurut kesepakatan. misalnya Ayam ada juga sapi, kerbau atau kambing dan sejenisnya.

bila kesepakatannya selain dari ayam, cara memasaknya dalam sebuah kuali besar secara bersama-sama.

setelah makanan selesai dimasak sebelum disajikan, maka akan ada pemanjatan doa secara bersama sama komunal, lalu ada pengumuman tentang kapan turun ke sawah dan pengumuman lainnya, kemudian tibalah sesi akhir untuk nyantab makananya dan selesai.


Khauri Blang Khauri Blang Reviewed by Presiden Kacho on 17.19 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.