Menulis Berita, part 4

Paragraph dalam berita baru biasanya pendek, dan biasanya dengan satu fakta atau satu opini dan keterangan seseorang dalam satu paragraph saja. Fakta utama lainnya dan komentar orang lain akan diletakkan di paragraph baru. Untuk menghindari pola yang monoton, jumlah kalimat dalam paragraph harus bervariasi dari satu paragraph ke paragraph selanjutnya. Kebanykan paragraph dalam isi berita mengandung satu sampai tiga kalimat. Terkadang reporter menulis sederetan paragraf berisi satu kalimat untuk memberi penekanan, tetapi ini jarang dilakukan. Akan tetapi, ini adalah kaidah; isi lebih utama ketimbang struktur, tetapi struktur tetap penting. Karena lebar kolom Koran yang biasanya sempit, satu paragraf dengan lebih dari empat kalimat akan tampak panjang dan kompleks dan mungkin menyebabkan pembaca enggan untuk membacanya walaupun isinya menarik.

KONTINUITAS  
Paragraf dan kalimat harus mengalir dengan lancar. Dengan demikian berita akan punya kontinuitas (kesinambungan), atau tampak koheran (padu utuh), jika beritanya koheran, maka pembacaannya akan lebih mudah. Kontinuitas dapat dicapai dengan mengaitkan informasi-informasi dalam satu kesatuan, atau dengan cara-cara seperti di bawah ini.

Kata Ganti
Dalam berita, penulis menggunakan kata ganti orang ketiga (dia, mereka, ia, dan sebagainya). Kata ganti orang pertama (aku, saya, kami, kita) dan orang kedua (kamu, anda) hanya dipakai (1) untuk kutipan langsung atau kutipan tak langsung, yang dinisbahkan kepada sumber, atau (2) dalam pertanyaan atau pernyataan langsung.
Kalimat dan paragraf dapat dihubungkan dengan menggunakan kata ganti dan kata sifat dan merujuknya ke kata benda dalam kalimat sebelumnya.
Mulai minggu depan para dosen akan punya akses internet di kantornya. Hal ini menyebabkan mereka bisa mencari sumber-sumber penelitian yang tersedia di seluruh dunia dalam hitungan menit saja.

Pengulangan Kata Kunci dari Paragraf atau Kalimat Sebelumnya
Dalam rangka mendongkrak pendapatan, menejemen pemasaran minggu yang lalu mengumumkan akan diadakan penggencaran produksi dan promosi berbagai ceruk pasar.
Pihak menejemenn pemasaran akan mendapatkan sejumlah dana untuk membiayai kegiatan promosi. Menurut Endah MAI, direktur pemasaran perusahaan, promosi ini akan mulai dilakukan Januari tahun depan dengan target menaikkan penjualan sebesar 25 persen.
Dalam dua paragraf di atas kata “menejemen pemasaran” diulang-diulang, dan versi yang ringkas, “pemasaran”, juga dipakai.

Baca Selanjutnya
Menulis Berita, part 4 Menulis Berita, part 4 Reviewed by Presiden Kacho on 00.17 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.