Menulis Berita, Part 8

Tidak dianjurkan menggunakan kata kerja selain mengatakan atau berkata atau kata dalam kutipan langsung. Pernyataan atau dinyatakan adalah sangat formal dan hanya dipakai jika seorang pejabat mengeluarkan pernyataan resmi, entah itu secara pribadi atau melaui surat. Kemungkinan lainnya, ucapan, mengucapkan, juga agak formal.
Penulis berita tidak usah takut sering-sering menggunakan kata-kata kerja tersebut. Pengulangan penggunaan kata/ujar kemungkinan tidak akan diperhatikan oleh pembaca, dan ini adalah efek yang diharapkan.
Opini dan fakta harus dikutip langsung jika informasinya luar biasa dan jika opininya penuh makna dan terutama kontroversial. Fakta biasa dan opini dan penjelasan dapat ditulis ulang (atau dikutip sebagaimana adanya) dan kemudian diatribusikan tanpa kutipan langsung atau tak langsung. Pengalaman akan mengajari kita apa yang mesti di kutip langsung dan apa yang mesti tidak langsung. Jika seseorang reporter mengutip secara langsung dengan tanda kutip maka kata-katanya harus persisi seperti yang diucapkan seseorang yang dikutip dan diletakkan dalam konteks yang dimaksudkannya. Kutipan tak langsung lebih aman, namun tetap harus akurat.
Kutipan panjang lebih dari satu kalimat sering mengganggu kelancaran aliran berita dan dapat membingungkan pembaca. Kutipan yang pendek, satu kalimat atau satu frasa saja, sering lebih efektif.
Ketika memutuskan untuk mengutip secara langsung atau menulis kembali apa yang diucapkan seseorang, reporter harus mempertimbangkan pertanyaan ini: Apa kontribusi kutipan langsung ini bagi berita saya? Jika kata-katanya unik, kontrovesial, penuh warna, tajam, atau menarik, maka ucapan itu perlu dikutip langsung. Jika kata-katanya biasa saja, sebaiknya digunakan bentuk tak langsung.
Tetapi berita bisa jadi lebih menarik bagi pembaca jika ia mengandung satu atau dua kutipan langsung. Selama wawancara, reporter harus mengajukan pertanyaan yang mungkin menghasilkan jawaban yang dapat dikutip. Jika wawancara awal telah selesai dan reporter tidak punya kat-kata yang layak dikutip secara langsung, maka ia bisa mengajukan pertanyaan tambahan nantinya; jawaban yang baru itu dapat menghasilkan komentar yang bagus untuk kutipan langsung.
Berita yang efektif sering disusun diseputar fakta dan reaksi terhadap fakta atau opini. Berita yang hanya berisi fakta demi fakta tanpa memutar reaksi atau penjelasan dari sumber biasanya tidak menarik bagi pembaca. Kebanyakan peristiwa harus dijelaskan agar bisa dipahami pembaca. Saat seorang membaca fakta, barangkali ia akan bertanya: apa arti ini dan mengapa saya mesti peduli? Berita dengan pola fakta, fakta, kutipan, fakta, kutipan misalnya, mungkin tidak memuaskan dan efektik dan tampak hanya sebagian kumpulan fakta.

Contoh berita di bawah ini dapat dikaji strukturnya, transisinya,  penggunaan kutipan langsung dan tak langsung serta atribusinya.

Baca Selanjutnya
Menulis Berita, Part 8 Menulis Berita, Part 8 Reviewed by Presiden Kacho on 00.22 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.