Head Line dan Berita Khusus, Part 1

BERITA KHUSUS

Tulisan Berita Kesehatan
Tulisan Akademik
Liputan Berita Kematian
Berita Sebelum Kejadian
Berita Follow Up
Berita Jajak Pendapat


MENULIS HEADLINE

Headline atau judul utama atau judul dengan huruf besar-besar yang mengawali berita adalah salah satu yang menarik mata pembaca. Headline yang buruk dan tidak menarik akan menyebabkan pembaca enggan membaca berita dan langsung melompat membaca ramalan bintang. Headline yang ditulis dengan baik akan menarik perhatian pembaca dan membuat mereka mau membaca seluruh beritanya.

Berikut adalah alasan mengapa Headline itu penting:

  1. Ia menyebut dan meringkaskan fakta penting dari berita. Headline memudahkan pembaca mencari dan memilih berita di Koran, majalah, atau medium lainnya.
  2. Ia mengkomunikasikan mood berita. Headline memberi pembaca semacam pemahaman nada berita. Berita ringan dapat disampaikan dengan kata-kata yang ringan dan lincah. Berita utama atau feature akan menggunakan headline yang langsung dan informatf.
  3. Ia menandai arti penting relatif dari suatu berita. Peran headline dalam membantu pembaca menentukan pilihan untuk membaca berita yang dianggapnya lebih penting, kaidah umumnya bahwa semakin besar huruf headline nya maka semakin penting beritanya.

Mengacu Pada isi berita, Headline itu terbagi dua;
  1. Headline Teaser (penggoda)
Headline Teaser menimbulkan perhatian dengan cara membangkitkan rasa ingin tahu atau dengan menghibur pembaca. Headline ini harus selalu diiringi oleh headline teller sebagai headline skunder. Headline teaser biasanya terkait dengan berita feature atawa berita yang bukan berita utama.
Di banyak majalah dan koran, designer menggunakan kreativitasnya untuk mendesain headline teaser. Jenis hurufnya sering mencerminkan isi berita.

  1. Headline Teller (pemberitahu)
Headline Teller berusaha menarik perhatian pembaca dengan meringkaskan berita penting secara jelas dan tepat. Isi headline teller ini biasanya langsung ke sasaran. Headline teller sering didesain dengan menggunakan satu atau dua jenis huruf standar. 


Baca Selanjutnya
Head Line dan Berita Khusus, Part 1 Head Line dan Berita Khusus, Part 1 Reviewed by Presiden Kacho on 23.36 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.