Roads To Jannah

Sumber image; Blog fadli bachtiar 

Jalan-Jalan Amal Menuju Surga

Mendengar kata surga dengan pelbagai kenikmatan yang ada didalamnya siapa diantara kita yang tidak ingin menuju ke sana. sekejam apapun manusia tersebut tetap menginginkan kebaikan atas dirinya, namun surga itu bukan saja keinginan berhyal tanpa persiapan amal perbuatan untuk mencapainya, ingtat lah pepatah tua ini orang akan memetik apa yang ditanamnya, artinya menuai kebaikan sebelumnya tentu harus manbur kebaikan, sesuatu tidak datang dengan sendirinya. berikut adalah sebab-sebab seorang manusia masuk kedalam surga;
1. Seorang Muslim-muslimah memiliki tiga orang anak meninggalkan mereka sebelum akqil balik
2. Wanita yang menjaga shalat lima waktu, berpuasa bulan Ramadhan, menjaga kemaluannya dan mentaati suaminya
3. Berwudhu dengan sempurna kemudian membaca doa setelah berwudhu
4. Ahli Shalat, Jihad, Puasa dan Shadaqah
5. Ahli Puasa

berikut petikan Lain;

Dari Abu Hurairah, ia berkata,
“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ditanya mengenai perkara yang banyak memasukkan seseorang ke dalam surga, beliau menjawab, “Takwa kepada Allah dan berakhlak yang baik.” Beliau ditanya pula mengenai perkara yang banyak memasukkan orang dalam neraka, jawab beliau, “Perkara yang disebabkan karena mulut dan kemaluan.” (HR. Tirmidzi no. 2004 dan Ibnu Majah no. 4246. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih).

Al Hasan Al Bashri berkata
“Orang yang bertakwa adalah mereka yang menjauhi hal-hal yang diharamkan dan menunaikan berbagai kewajiban.”

‘Umar bin ‘Abdul ‘Aziz berkata,
“Takwa bukanlah hanya dengan puasa di siang hari atau mendirikan shalat malam, atau melakukan kedua-duanya. Namun takwa adalah meninggalkan yang Allah haramkan dan menunaikan yang Allah wajibkan. Siapa yang setelah itu dianugerahkan kebaikan, maka itu adalah kebaikan pada kebaikan.”

“Bertakwalah kepada Allah di mana saja engkau berada. Ikutilah kejelekan dengan kebaikan niscaya ia akan menghapuskan kejelekan tersebut dan berakhlaklah dengan manusia dengan akhlak yang baik.” (HR. Tirmidzi no. 1987 dan Ahmad 5/153. Abu ‘Isa At Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih)

Dari Muadz ra, ia pernah berkata, “Wahai Rasulullah, beritahukan kepadaku amal apa yang menyebabkan diriku masuk surga dan terjauhkan dari neraka?”

Rasulullah saw bersabda, “Sungguh engkau telah menanyakan sesuatu yang besar, dan sesungguhnya hal itu adalah mudah bagi yang dimudahkan Allah swt. Engkau menyembah Allah swt dan tidak menyekutukan sesuatu pun dengan-Nya, engkau menegakkan shalat, engkau membayar zakat, engkau berpuasa Ramadhan dan engkau pergi haji ke Baitullah.”

Lalu beliau saw bersabda, “Maukah kamu aku tunjukkan kepada berbagai pintu kebaikan? Puasa adalah perisai, sedekah memadamkan kesalahan sebagaimana air memadamkan api, dan shalat seseorang di tengah malam hari.” Setelah itu Rasulullah saw membaca QS As-Sajdah [32]: 16 – 17.

Kemudian beliau saw bersabda, “Maukah kamu aku beritahukan tentang kepala dari semua urusan ini dan tentang tiang serta puncaknya?” Saya (Mu’adz ra) menjawab, “Mau, wahai Rasulullah.” Maka beliau saw bersabda, “Kepala dari semua urusan ini adalah Islam, tiangnya adalah shalat dan puncaknya adalah jihad.”

Kemudian Rasulullah saw bersabda, “Maukah aku beritahukan kepadamu tentang kunci semua ini?” Saya (Mu’adz ra) berkata, “Mau, wahai Rasulullah saw.” Maka Rasulullah saw memegang lidahnya, beliau bersabda, “Tahan ini!” Saya (Mu’adz ra) berkata, “Wahai Nabi Allah, adakah kita terhitung berbuat dosa dikarenakan apa yang kita bicarakan?” Maka Rasulullah saw bersabda, “Ibumu kehilangan dirimu wahai Mu’adz, tidakkah banyak manusia terjerumus mukanya di dalam neraka dikarenakan lidahnya” Atau “Bukankah hidung manusia terjerembab ke dalam neraka dikarenakan jeratan-jeratan lidahnya?” (HR At-Tirmidzi dan ia mengatakan hadits ini hasan shahih).

namun demikian siapa yang akan mendapati surga sesungguhnya bukan lah segala amal kebaikan mu semata, namun kemurahan dan rahmat Allah semata jua yang membawamu ke Surga. Aaamiiin
Roads To Jannah Roads To Jannah Reviewed by Presiden Kacho on 20.46 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.